Monday, February 25, 2019

ECOBRICK, SOLUSI UTILISASI SAMPAH PLASTIK UNTUK MENGURANGI POLUSI


“Eco” dan “brick” artinya bata ramah lingkungan. Disebut “bata” karena ia dapat menjadi alternatif bagi bata konvensional dalam mendirikan bangunan. Maka dari itu ecobrick biasa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan furniture. Ecobrick adalah botol plastik yang diisi padat dengan limbah non-biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Eko-batu bata ini adalah teknologi berbasis kolaborasi yang menyediakan solusi limbah padat tanpa biaya untuk individu, rumah tangga, sekolah, dan masyarakat. Juga dikenal sebagai Bottle Brick atau Ecoladrillo. Solusi limbah lokal ini mulai disebut Ecobrick oleh gerakan masyarakat yang berkembang di seluruh dunia.

Banyak dari kita yang masih mengkonsumsi makanan atau produk apapun yang dikemas plastik. Kadang kita berusaha kreatif dan mengurangi sampah dengan membuat sabun sendiri di rumah contohnya, tapi bahan-bahan yang digunakannya pun masih menggunakan plastik. Juga tidak mudah untuk begitu saja meninggalkan 100% plastik karena faktanya produk di dalam supermarket hampir 90% sudah dikemas dalam sebuah bungkusan yang sebagian besarnya adalah kemasan plastik.

Jika reuse dan reduce sudah sangat sulit, maka ecobrick merupakan solusi. Ecobrick mampu memberikan kehidupan baru bagi limbah plastik. Ecobrick adalah cara lain untuk utilisasi sampah-sampah tersebut selain mengirimnya ke landfill (pembuangan akhir). Dengan ecobrick kita memiliki kesempatan untuk mengubah pengorbanan komunitas dan ekosistem dalam mencerna plastik. Kita dapat mengubah plastik menjadi bermanfaat bagi masyarakat dan ekosistem setempat. Karakteristik plastik yang sangat bermasalah digunakan yaitu longevity dan durability malah menjadi sesuatu yang dicari.

Apa manfaat Ecobrick?

Dengan ecobrick, sampah-sampah plastik ini akan tersimpan terjaga di dalam botol sehingga tidak perlu dibakar, menggunung, tertimbun dan lain-lain. Teknologi ecobrick memungkinkan kita untuk tidak menjadikan plastik di salah satu industrial sstem daur ulang, dengan begitu akan menjauhi biosfer dan menghemat energi. Ecobrick menjaga bahan-bahan plastik tersebut tidak melepaskan CO2 yang pada akhirnya akan menyumbang pemanasan global.


Ecobrick biasanya digunakan untuk membuat furnitur modular, perabotan indoor, ruang kebun, ruang hijau, dinding struktur dan bangunan seperti sekolah dan rumah.

Jika malas memikirkan projek dan tidak mau repot, sekarang ini banyak juga bank sampah yang menerima ecobrick dan bisa ditukar dengan uang.

Bagaimana cara membuat Ecobrick?

Botol plastik apa pun dapat digunakan untuk membuat Eco-brick, tetapi botol yang paling tepat untuk digunakan ditemukan berukuran 500 ml. Siapkan botol plastik, sampah non organik dan non biologi, gunting dan kayu/tongkat untuk memadatkan.


Walaupun terlihat mudah, namun pada proses pembuatannya ada beberapa hal yang perlu diketahui

Botol harus dalam keadaan bersih dan kering

Sampah plastik pun harus dalam keadaan bersih dan kering untuk menghindari bakteri tumbuh di dalam botol ecobrick
Putar dan tekan-tekan tongkat dan pastikan bahwa isinya padat dan merata di seluruh botol. Ini membantu memastikan bahwa botol tidak memiliki rongga dan memiliki sifat padat yang mirip dengan balok beton.
Untuk menguji kepadatan, kita bisa menekan botol dari luar. Ecobrick yang baik adalah saat botol tidak akan kempes dan tidak mengeluarkan bunyi ketika ditekan.

Get your plastic ready

Ecobricks dibuat dengan plastik bersih dan kering. Mulailah dengan memisahkan plastik ecobrickable Anda dari semua bahan lainnya. Jika ada makanan, minyak atau kotoran pada plastik Anda, pastikan untuk mencuci lalu keringkan. Plastik kotor di dalam ecobrick akan mengarah pada pertumbuhan mikrobiologis dan pembentukan metana di dalam ecobrick Anda. Karena ecobricks sering digunakan untuk membuat perabot rumah, maka menggunakan plastik bersih menjadi penting. Plastik yang kotor dapat menyebabkan timbulnya Ecobrick yang tidak sedap dipandang, botol-botol kembung, dan dalam beberapa kasus, tutup botol lepas karena tekanan.

Choose your bottle

Saat Anda mulai melakukan ecobrick, ada baiknya memilih satu jenis botol yang berlimpah di komunitas Anda dan tetap menggunakannya. Saat memilih botol yang akan Anda gunakan, pertimbangkan tiga faktor: ketersediaan botol, volume, dan proyek yang akan Anda gunakan untuk Ecobrick.

Ketersediaan; Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah membeli minuman untuk membeli botol untuk ecobricking Anda! Segera banyak orang akan melakukan ecobrick di komunitas Anda dan sangat ideal untuk meminta semua orang menggunakan merek dan botol yang sama. Pastikan untuk memilih botol yang semua orang dapat dengan mudah mendapatkannya.

Volume; Pilih volume botol yang ingin Anda gunakan. Untuk pemula disarankan untuk menggunakan botol ukuran di bawah 600ml. Botol besar 1500ml akan membutuhkan lebih banyak plastik yang tentu saja berpengaruh pada waktu pembuatannya yang semakin lama. Botol volume kecil memungkinkan Ecobricker baru untuk menyelesaikan Ecobrick pertama mereka dengan cepat, dan segera belajar dari kesalahan mereka. Botol besar adalah yang terbaik untuk ecobricker tingkat lanjut.


Proyek; Untuk membuat modul dengan Ecobricks, Anda memerlukan botol yang ukuran dan bentuknya persis sama. Untuk proyek pembangunan di luar ruangan, kesamaan yang tepat tidak begitu penting, asalkan volumenya konsisten (mis. Semua botol 600ml). Tergantung pada ukuran konstruksinya, Anda akan memerlukan botol dengan ukuran berbeda. Misalnya, botol-botol kecil membuat dinding yang bagus, dan botol-botol besar membuat bangku yang bagus.

Get your stick ready

Ecobricker suka menyebut tongkat pengemasan mereka dengan sebutan tongkat sihir. Itu membuat plastiknya hilang! Memiliki tongkat yang tepat akan membuat perbedaan besar bagi ecobrick Anda. Bahan dari bambu dan kayu adalah bahan tongkat yang terbaik, karena tidak terlalu kaku sehingga mengurangi resiko botol sobek. Ukuran tongkat tergantung pada jenis botol yang Anda gunakan. Pastikan tongkat anda dengan ujung yang agak membulat. Hindari tongkat bersudut tajam karena dapat memecahkan botol dan Anda bisa mendapatkan serpihan dan lepuh di tangan Anda.
Setelah Anda mendapatkan tongkat dengan ukuran dan bentuk yang bagus, Anda siap! Anda kemudian dapat memberikannya kepada orang lain untuk disalin dan direplikasi.

No glass, metal or biodegradables

Apa saja yang bisa dimasukkan ke dalam Ecobrick?


Apa yang tidak Anda masukkan ke dalam ecobrick sama pentingnya dengan apa yang Anda lakukan. Ingatlah bahwa kita memasukkan plastik ke dalam Ecobrick karena beracun bagi lingkungan. Logam, kertas, karton, gelas dan biodegradable tidak akan meracuni biosfer, jadi tidak perlu memasukkannya ke dalam botol. Berhati-hatilah untuk tidak memasukkan logam atau kaca tajam ke dalam Ecobrick anda, mereka dapat merusak botol dan menimbulkan bahaya untuk penanganan.
Ada solusi lain untuk bahan-bahan ini:

  • Kertas dan kardus dapat dibakar dengan aman.
  • Biodegradable dapat dikomposkan.
  • Logam dan kaca dapat didaur ulang.


Start by adding a bottom color

Potongan plastik pertama yang Anda masukkan ke dalam botol akan memberikan warna dasar untuk bangunan. Pilih plastik lembut dengan warna solid, lalu dorong ke bagian bawah Ecobrick Anda. Kemas dengan tongkat Anda untuk mengisi 1-2 cm pertama botol (Anda mungkin ingin menggunakan beberapa plastik dengan warna yang sama). Kantung plastik atau kresek cocok untuk mengisi dasar botol ini. Dengan memberi warna dasar Ecobrick Anda, membuka kemungkinan desain bangunan penuh warna untuk membuat modul atau membangun dinding.
Buatlah warna dasar yang sesuai dengan warna komunitas mereka.

Weigh your Ecobrick to ensure quality

Dari seluruh sumber yang di dapatbahwa kepadatan minimum Ecobrick yang baik adalah 0,33 g / ml. Ini berarti bahwa botol 600ml akan memiliki berat minimum 200 gram dan botol 1500ml akan memiliki berat minimum 500 gram. Sasaran kepadatan minimum sangat penting untuk memastikan kualitas Ecoobrick. Ecobricks berkualitas memastikan konstruksi yang baik, memaksimalkan volume dan memberi energi pada penyebaran sosial ecobricks.


Timbang Ecobrick Anda, dan catat beratnya pada label.

Ecobricks yang terlalu lunak tidak dapat digunakan untuk modul. Ecobricks yang terlalu lunak dapat membahayakan konstruksi struktural. Kemaslah botol dengan padat hingga plastik di dalam botol tidak bisa bergerak atau bergeser.

Akhirnya, Ecobrick yang memiliki kepadatan yang baik adalah sesuatu yang bisa dibanggakan! Ketika orang lain melihat dan memegangnya, mereka segera memahami transformasi plastik longgar menjadi bahan bangunan yang padat ! Ecobrick yang berkualitas baik dan konstruksi ecobrick yang baik pada dasarnya menginspirasi.

And... Build!

Setelah Anda memiliki cukup Ecobricks, Anda siap membangun. Ada lima teknik utama untuk membangun dengan botol dan ecobricks. Aplikasi Ecobrick yang termudah, tercepat, dan mungkin paling menyenangkan, adalah membuat modul Milstein untuk bangunan horizontal dan modul Dieleman Lego untuk bangunan vertikal. Dengan modul, Anda dapat membuat bangku, meja, kursi, struktur, dan lainnya.

Mungkin penggunaan terbaik untuk Ecobricks adalah membangun ruang hijau komunitas. Dengan Kearifan lokal, Anda dan komunitas Anda dapat membangun ruang-ruang indah yang memperkaya lingkungan setempat dengan Ecobriks.

No comments:

Post a Comment

Support by :

Popular Posts