Tuesday, September 10, 2019

Wisata Alam, Semakin Lestari atau Malah Semakin Merusak Alam ?




Akhir akhir ini wisata alam menjadi wisata yang amat digemari dengan berbagai alasan yang menyertainya, seperti ingin mecintai alam, ingin lebih dekat dengan alam, ingin merefreshkan diri, ingin mensyukuri nikmat Tuhan, dan banyak alasan lain yang menyebabkan wisata alam sangat digemari.

Selepas dari alasan alasan tadi, salah satu faktor maraknya wisata alam juga dapat disebabkan acara televisi yang banyak mengambil tema wisata alam. Sehingga para penonton banyak yang ikut ikutan untuk berlibur ke wisata alam.

Memang hal ini sangatah baik, di samping dapat dijadikan sarana refreshing penyejuk mata yang cukup ampuh bagi masyarakat yang tinggal didaerah kota sekitar, sehingga tidak perlu jauh jauh hanya untuk menikmati suasana alam. Misalnya, orang Tasikmalaya tidak perlu jauh jauh ke ciwidey bandung hanya untuk menikmati suasana perkebunan teh, karena perkebunan teh juga ada di daerah Sodong atau di Kampung Bunar Pagerageung. Pun demikian dengan lokasi lokasi sejenis lainnya, air terjun, bumi perkemahan dan lainnya.

Di samping itu, adanya tempat wisata alam juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar tempat wisata. Yang dulunya anya mengandalkan dari pertanian dan peternakan kecil, sekarang bisa membuat warung warung untuk sekedar ngopi dan makan para pengunjung. Bahkan bisa menjadi jasa tour guide bagi para pengunjung yang memang membutuhkan pemandu.


Akan tetapi banyak terjadi kontroversi mengenai hal ini, sebab di tempat wisata tertentu, jika keamanan nya masih kurang, kecelakaan akan menjadi faktor penghalang.

Bahkan di beberapa tempat masih ada sebagian tokoh masyarakat dalam hal ini tokoh agama dari kelompok tertentu yang masih keberatan dengan keberadaan tempat wisata alam, terutama wisata alam yang berkaitan dengan tempat tempat berkemah atau camping ground. Mungkin sudah menjadi rahasia umum apa yang menjadi pertimbangan beliau beliau sehingga masih keberatan dengan keberadaan tempat wisata ini. Biarlah, kita tidak akan membahas masalah kontroversi tersebut karena masih diperdebatkan dan memang belum ada jalan keluarnya.

Disamping masalah keamanan, yang menjadi sorotan utama adalah mengenai kelestarian alam. Akibat banyaknya pengunjung, yang pasti membawa makanan yang dibungkus dengan berbagai macam wadah, tentunya akan dihasilkan pula banyak sampah. Belum juga pengunjung yang terkadang hendak mengabadikan momen di tempat menarik tertentu tetapi malah justru merusak tempat tersebut. Ketidaksadaran dan keegoisan pengunjunglah yang terkadang merusak wisata alam itu sendiri.

Kebanyakan permasalahan sampah ini terjadi di lokasi lokasi yang memang belum dikelola secara terpadu, semacam tempat perkemahan di bukit bukit atau hutan yang bebas di akses oleh setiap orang tanpa ada peraturan tertulis yang mengatur hak dan kewajiban para pengunjung.




Tidak bisa dipungkiri jika keindahan alam akan menjadi daya tarik bagi setiap orang mengunjunginya, apalagi ditambah dengan spot foto yang digadang gadang instagramable yang menghipnotis banyak orang sehingga berbondong bondong mengunjungi wisata wisata alam tersebut.

Lantas bagaimana cara kita menyikapi fenomena ini? Tentunya hal ini harus disikapi dengan bijak. Sebab jika kita dapat menyikapinya dengan bijak maka akan dapat meminimalisir kekurangan yang ada. Diantara cara yang dapat kita lakukan saat hendak berwisata alam yaitu seagai berikut :

Membawa kantong plastik sendiri untuk membuang sampah

Biasanya jika berkunjung ke tempat wisata, terutama bersama keluarga, kecenderungan membawa makanan adalah hal yang biasa. Dan banyak pula yang membuang sampah makanan mereka sembarangan, sehingga merusak pemandangan yang ada. Seperti berlibur ke pantai misalnya, akan sangat jarang kita jumpai tempat sampah disepanjang pantai, oleh karena itu kita harus bertanggung jawab sendiri terhadap sampah yang kita hasilkan demi kenyamanan dan kelestarian alam

Tidak merusak tanaman atau apapun yang ada ditempat wisata

Berwisata ke daerah daerah tertentu yang disana terdapat tanaman tanaman harus diperhatikan baik baik. Sebagai pengunjung jangan mudah begitu saja memetik tumbuhan tumbuhan tertentu, karena  akan merusak kelestaran alam, dan juga tidak enak dipandang jika terdapat salah satu tumbuhan yang tidak lagi utuh.

Mematuhi tanda tanda peringatan serta arahan dari petugas

Berada ditempat tempat wisata alam, pastilah terdapat beberapa tanda peringatan, baik itu peringatan kawasan berbahaya, peringatan dilarang membuang sampah sembarang, ataupun peringatan peringatan lainnya. Peringatan semacam itu harus diperhatikan oleh pegunjung, dikarenakan hal tersebut juga berpengaruh terhadap keselamatan pengunjung.



Tidak mengunjungi tempat terlarang / berbahaya di daerah wisata

Ditempat tempat wisata alam, biasanya ada beberapa tepat yang tidak boleh dikunjungi oleh pengunjung, meskipun tempat tersebut bagus dan indah, jika terlarang untuk dikunjungi, sebaiknya jangan dikunjungi. Bisa jadi terdapat alasan tersendiri dari pihak pengelola mearang kunjungan ke spot spot tertentu.

Hal hal diatas dapat dijadikan pehatian bagi siapa saja yang hendak berlibur ke alam. Berlibur dengan menikmati indahnya alam memang sangatlah menyenangkan. Bisa sekaligus mensyukuri nikmat dan kebesaran Tuhan, dan sekaligus sarana refreshing dari sibuknya keiatan yang biasa di lakukan. Akan tetapi jika kita ingin menikmati alam, maka konsekuensinya yaitu kita juga wajib menjaga kelestarian alam. Jangan hanya menikmati tanpa memberi.



3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih kak sudah nulis tentang artikel ini. sangat membantu banget setelah membacanya.
    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini
    Berikut link Harga Tiket wisata dari beberapa tempat wisata di indonesia .
    Harga Tiket The Lodge Maribaya

    Harga Tiket Taman Legenda Keong Mas

    Virtual Tour Indonesia

    Harga Tiket agung fantasi waterpark

    Harga Tiket watersplash darmawangsa

    Harga Tiket rinjani waterpark

    Harga Tiket Go splash panjibuwono

    Virtual Tour Indonesia

    ReplyDelete
  3. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

    ReplyDelete

Support by :

Popular Posts