Friday, February 22, 2019

Profile Organisasi PPLH GEMPPA



Gerakan ini berdiri berawal dari keprihatinan akan kondisi alam yang semakin kritis, yang mengakibatkan terjadinya Perubahan iklim yang berimplikasi pada cuaca ekstrem, kekeringan di beberapa daerah, longsor serta banjir terjadi di mana mana terutama di sepanjang aliran sungai akibat alih fungsi lahan yang tidak terkendali.

Maka terbersitlah keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi negeri ini dan berkontribusi aktif dalam proses pelestarian alam dan pembentukan karakter generasi muda Indonesia pada umumnya dan Tasikmalaya pada khususnya menuju generasi muda yang berkarakter dan peduli serta mencintai alamnya. Dari sinilah kemudian tercetus PPLH GEMPPA, "Pemerhati dan Pelestari Lingkungan Hidup".


PPLH GEMPPA didirikan dengan akte Notaris NUGRAHA NUR PRAMANA, SH. MKn, No. 107 tanggal 29 Februari 2012, oleh para intelektual muda yang cerdas, energik, dan kreatif yang mempunyai latar belakang yang beragam, mulai dari para pelajar, pengajar , tokoh masyarakat dan aktivis – aktivis Pecinta Alam.
Telah terdaftar dan di sahkan di Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Nomor : AHU-0308.AH.01.06. Tahun 2012.

VISI

“Mewujudkan Generasi Muda yang berkarakter dan proaktif dalam pencegahan dan penanganan bencana, serta berperan dalam pelaksanaan pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.”.

MISI

  1. Mengembangkan potensi Anggota dan Masyarakat
  2. Terlindunginya kelestarian fungsi lahan, keanekaragaman hayati dan ekosistem hutan;
  3. Pengelolaan Daerah Tangkapan Air Daerah Aliran Sungai (DAS) Citanduy Hulu menjadi sebuah ekosistem, habitat bagi kehidupan.
  4. Memulihkan Kawasan Daerah Aliran Sungai sekaligus melestarikan Lingkungan Hidup di kawasan tersebut.
  5. Membaiknya kualitas udara dan pengelolaan sampah serta limbah bahan berbahaya dan beracun (B3);
  6. Pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang terintegrasi.


Pilar Aktivitas

PPLH GEMPPA mempunyai pilar aktivitas :

  1. Merencanakan, mengelola dan melestarikan Sumber Daya Alam, baik yang di program oleh pemerintah maupun kalangan swasta seperti pertambangan, pertanian, kehutanan, sumber daya air, suaka marga satwa, pemberdayaan masyarakat dari hulu hingga ke hilir dan kegiatan-kegiatan lainnya sepanjang tidak melanggar etika tentang lingkungan.
  2. Melakukan usaha pembibitan dan pengembangan serta penanaman lahan lahan kritis dengan tanaman tahunan yang dianggap dapat mengatasi pemanasan global serta mampu meminimalisir emisi zat carbon.
  3. Pengembangan dan pembentukan sumber daya manusia strategis untuk meningkatkan kemampuan pribadi dan institusi dalam menjalankan Visi dan Misi PPLH GEMPPA

Pengalaman GEMPPA

PPLH GEMPPA sebagai sebuah Organisasi berbasis Pendidikan Karakter dan Lingkungan Hidup telah mempunyai berbagai pengalaman dalam melakukan kegiatan, pendidikan dan latihan, khususnya di Kabupaten Tasikmalaya bagian Utara.
Beberapa pengalaman PPLH GEMPPA itu antara lain :


Melakukan Pendidikan dan Latihan Kepecintaalaman ; Pendidikan dan Latihan ini rutin dilakukan
setiap tahun untuk membentuk generasi muda yang berkarakter dan peduli terhadap Lingkungan Hidup. Materi yang diberikan lebih kepada pembentukan pribadi dan materi yang berkaitan erat dengan lingungan hidup dan kepecintaalaman seperti Konservasi, Gunung Hutan, Kompas dan Peta, P3K, Search and Rescue.

Yang menjadi target kegiatan ini adalah para murid SMA yang merupakan rekrutan dari organisasi "basic" PPLH GEMPPA yaitu GEMPPA CJEA dan seluruh organisasi kepecintaalaman di wilayah Kab. Tasikmalaya bagian utara. Kegiatan ini murni dilakukan oleh PPLH GEMPPA dengan dana sendiri dan donatur – donatur perseorangan.

Pembibitan Pohon ; Pembibitan pohon telah dilaksanakan sejak Desember 2014, yaitu pembibitan pohon Akasia dan pohon albasiah. Kegiatan ini murni dilakukan oleh GPPLH GEMPPA dengan dana sendiri dan bantuan dari rekan rekan GEMPPA CJEA sebagai organisasi "basic".

Penanaman Lahan Kritis ; Dalam kegiatan ini kami mengadakan Penanaman Pohon yang telah kami bibitkan sendiri yaitu di Daerah Mangusewu Buniasih Kecamatan Kadipaten, Kab. Tasikmalaya. Di mana daerah ini merupakan perbukitan yang ditanami tanaman holtikultura musiman seperti tomat, cabai dan tanaman sayuran lainnya yang bila tidak dilakukan penyeimbangan dengan tanaman tahunan sangat riskan sekali akan terjadinya longsor di musim huja dan kekurangan air pada musim kemarau. Kegiatan ini berlangsung selama bulan Desember 2015 – Januari 2016.

Penanaman Hutan Rakyat ; Kegiatan ini kita lakukan banyak sekali lahan kritis yang dibiarkan terlantar oleh pemiliknya sehingga memotivasi kami untuk menanaminya dengan pohon pohon tahunan yang tentu saja akhirnya selain bermanfaat bagi lingkungan juga bermanfaat secara ekonomis bagi yang punya lahan. Beberapa kali, di berbagai daerah, kami lakukan kegiatan ini. Diantaranya di kampung Tanjungsari Desa Sukamaju Kec. Pagerageung dan di Desa Nanggewer Kec. Pagerageung Kab. Tasikmalaya.

Penanaman Pohon Peneduh Jalan ; Kegiatan ini dilakukan pada bulan Maret tahun 2016 ini di area public yang memang sering digunakan berkumpul oleh masyarakat terutama pada hari minggu untuk sekedar berolahraga yaitu di sepanjang jalan Cihampang dan lingkungan lapangan sepak bola Desa Pasirhuni Kec. Ciawi Kab. Tasikmalaya.

Monitoring dan Pengawasan ekosistem Hutan ; Kegiatan Monitoring dan Pengawasan ekosistem Hutan ini rutin dilakukan setidaknya tiga bulan sekali, dilakukan untuk mencegah penebangan pohon secara liar dan pembukaan lahan baru untuk perkebunan sayuran di area yang termasuk ke dalam wilayah hulu sungai.

Kegiatan ini pun kami sampaikan berupa sosialisasi di kampung kampung yang berbatasan dengan hutan mengenai dampak negative dari penebangan hutan dan pembukaan lahan yang bukan peruntukannya. Kegiatan ini kami lakukan di area hutan Kab. Tasikmalaya bagian utara dan wilayah yang berbatasan dengannya. Dengan Kegiatan Monitoring dan Pengawasan Hutan ini bisa diketahui dan dipetakan daerah yang kritis dan membutuhkan penanganan segera sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

Beberapa workshop peningkatan kapasitas ; Selain hal di atas GPPLH GEMPPA juga melakukan berbagai workshop untuk peningkatan kapasitas bagi berbagai kalangan generasi muda, antara lain anggota Pramuka, PMR, dll. Kegiatan ini merupakan upaya untuk meng "upgrade" skill berorganisasi dan juga pemahaman generasi muda untuk membangun organisasinya secara professional dan mandiri. Kegiatan ini bentuknya adalah pelatihan rutin dan berkala, baik dalam skala besar maupun kecil. Dalam skala besar biasanya gabungan dari beberapa organisasi sekolah di wilayah Tasikmalaya bagian utara, dan dalam skala secil biasanya dalam skala satu sekolah atau satu organisasi


Badan Pengurus

Pengawas                                                           : Aep Saepuloh S.Pd
Pembina                                                             : Oan Abdul Kohar
Ketua                                                                 : Omay Komarudin
Sekretaris                                                           : Yudi Juhitan SH
Bendahara                                                          : Yusuf Ismail SE.
Kepalas Divisi Tanggap Darurat Bencana         : Sobur Suryana SE.
Kepala Divisi Pengembangan Organisasi          : Beni Bardian. S.Pd
Kepala Divisi Konservasi Sumber Daya Alam  : Afnan Eliftian, Amd.Hut
Kepala Divisi Hubungan Masyarakat                : Elin Milawati S.Pd
Website                                                               : www.gemppacjea.com
E-mail                                                                 : pplh.gemppa@gmail.com
FP Facebook                                                       : https://facebook.com/RangerCakra/




No comments:

Post a Comment

Support by :

Popular Posts