Thursday, January 10, 2019

Memperingati Hari Sejuta Pohon

Kenyataan sesungguhnya bahwa Pohon semakin hari semakin berkurang di sekitar kita. Kalau tidak percaya silahkan lihat sekeliling anda. Pohon pohon yang dulu rindang di pinggir jalan kampung kita hilang entah kemana. Bahkan pohon Nangka, pohon sawo yang dulu ada di belakang atau samping rumah kita pun tinggal kenangan, sudah tidak berbekas lagi.

Mungkin ada yang belum tahu tentang pentingnya Pohon untuk keberlangsungan hidup kita. Karena ternyata masih banyak orang orang yang tidak bertanggungjawab yang menebang pohon seenaknya, membakar dan menebangi hutan demi keuntungan pribadi.

Pohon merupakan faktor penting untuk keberlangsungan kehidupan di bumi ini. Betapa menakjubkan peran pohon dalam menurunkan pencemaran udara akibat Karbondioksida (CO2) yang berasal dari sisa pembakaran pabrik pabrik tidak ramah lingkungan yang masih menggunakan bahan bakar fosil, asap kendaraan, dan lain lain.

Pohon sebagai paru paru Bumi bisa menetralisir udara dari partikel partikel kotor dan juga menghasilkan Oksigen (O2) yang kita hirup setiap saat.
Saat bernafas tentu kita bisa merasakan bagaimana menghirup udara di daerah yang masih banyak pepohonan dengan di perkotaan yang sudah jarang sekali pohon.

Pohon juga memiliki peranan besar dalam menyediakan sumber air bagi kehidupan sekaligus mencegah terjadinya bencana alam. 60% - 80% air hujan yang turun di serap dan di simpan oleh pepohonan. Sehingga saat hujan turun air tidak langsung meluncur deras ke sungai yang bisa mengakibatkan longsor dan banjir serta bencana lainnya. Air hujan akan tertahan dan di simpan di akar akar pepohonan untuk cadangan musim kemarau yang akan datang.

Mari Jadikan Hari Sejuta Pohon ini sebagai momentum kita untuk terus menjaga Pohon dan Hutan agar tetap lestari.
Mulailah dari halaman rumah kita, dengan menanam tanaman kecil, tanaman hias, sayuran, obat obatan herbal agar rumah kelihatan lebih hijau dan asri.

Lestari Pohon ku..
Lestari Alam ku..
Lestari Bumi ku...

No comments:

Post a Comment

Support by :

Popular Posts