Monday, February 11, 2019

9 Bencana Puting Beliung Di Penghujung Tahun 2018 Dan Awal Tahun 2019 | Indonesian Tornado's

Puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5 menit. Orang awam menyebut angin puting beliung adalah angin Leysus, di daerah Sumatera disebut Angin Bohorok dan masih ada sebutan lainnya. Angin jenis lain dengan ukuran lebih besar yang ada di Amerika yaitu Tornado mempunyai kecepatan sampai 320 km/jam dan berdiameter 500 meter. Angin puting beliung sering terjadi pada siang hari atau sore hari pada musim pancaroba. Angin ini dapat menghancurkan apa saja yang diterjangnya, karena dengan pusarannya benda yang terlewati terangkat dan terlempar.

Berikut Angin Puting Beliung yang menerjang Indonesia dalam kurun waktu 3 bulan, Nopember 2018 sampai dengan Januari 2019.



1. Angin puting beliung melanda Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Sabtu 17 Nopember 2018 sore sekitar pukul 16.00 WIB. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes, puting beliung merusak 16 bangunan rumah dan gedung olahraga.
2. Dua desa di Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, diterjang angin puting beliung yang disertai hujan deras, Minggu 18 Nopember 2018 sore. Akibat hembusan angin puting beliung tersebut yang disertai hujan deras, sebanyak 270 rumah warga di Desa Baderan dan Desa Taman Kursi, Kecamatan Sumbermalang, rusak ringan. Tak hanya rumah yang rusak, puluhan pohon juga tumbang diterjang angin puting beliung tersebut.





3. Minggu 18 Nopember 2018, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. BPBD Kabupaten Karanganyar mencatat setidaknya ada 3 rumah dan 1 kandang ternak warga dilaporkan mengalami kerusakan di Dusun Sawit, Desa Wukirsawit, Kecamatan Jatiyoso.
4. Minggu 18 Nopember 2018 Sidoarjo Jawa Timur. Data BPBD Sidoarjo, 372 rumah rusak berada di Desa Kajeksan, 22 rumah di Desa Kepunten, 26 rumah di Desa Kemantren, 11 rumah di Grinting, 8 rumah di Grabagan, 7 rumah di Singopadu, dan 1 rumah di Kepadangan adalah yang tercatat berada di wilayah Kecamatan Tulangan. Sidoarjo
5.  6 Desember 2018, Bogor Jawa Barat sekitar pukul 15.00 WIB. Angin puting beliung yang melanda wilayah selatan Kota Bogor, Jawa Barat, menyebabkan satu orang tewas karena mobilnya tertimpa pohon tumbang. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, puting beliung yang disertai hujan deras menyebabkan pohon-pohon tumbang di Kelurahan Cipaku, Kelurahan Batutulis, Kelurahan Pamoyanan dan Kelurahan Lawanggintung. Sebanyak 50 unit rumah mengalami kerusakan dan sekitar 6 unit kendaraan ringsek karena pohon tumbang.
6. 30 Desember 2018, Pangurugan Cirebon pukul 16.15 WIB. Saat angin puting beliung terjang Desa Pangurugan Kulon Kec Pangurugan Kabupaten Cirebon. Satu (1) orang meninggal dunia, sembilan orang luka-luka dan 165 rumah rusak.

Tonton Video Kompilasi Bencana Puting Beliung





7.  11 Januari 2019, Rancaekek Bandung Jawa Barat, Sebanyak 640 unit rumah rusak akibat puting beliung, korban luka berat sebanyak 1 orang, dan luka ringan 15 orang. Selain itu, 82 keluarga mengungsi akibat bencana itu.
8. 24 Januari 2019, Sukoharjo Jawa Tengah. Bencana puting beliung ini merusak atap rumah, antara lain di Kelurahan Sukoharjo sebanyak 50 unit, Kelurahan Jetis 25 unit dan Kelurahan Gayam sebanyak 25 unit. Selain itu, dilaporkan atap rumah yang terbuat dari seng terbang disapu puting beliung. Tak hanya itu, empat rumah rusak karena tertimpa pohon tumbang. Tidak ada korban jiwa dalam bencana itu.
9. 24 Januari 2019, Maluku Tenggara. Data BPBD mennyebutkan tiga rumah warga mengalami rusak parah, dan lima rumah lainnya mengalami kerusakan sedang dan ringan serta satu kubah masjid rusak parah.

Demikian Bencana Puting beliung dalam kurun waktu 3 bulan diakhir tahun 2018 dan awal tahun 2019. Semoga kita semua semakin waspada terhadap segala jenis potensi bencana.

No comments:

Post a Comment

Support by :

Popular Posts