Wednesday, January 2, 2019

BushCraft ; Seni Dan Budaya Etnik "Back To Nature"

Bushcraft Adalah Keahlian bertahan hidup di alam bebas yang mempelajari hal hal mendasar dari survival seperti bagaimana mendapatkan makanan dan air, membuat perapian, tempat perlindungan juga keahlian memanfaatkan tanaman sebagai sumber obat obatan.

Peralatan Sederhana
Di Indonesia sendiri, Bushcraft kebanyakan masih mengadopsi keahlian dari budaya etnik luar negeri. Padahal budaya etnik Melayu, Indonesia khususnya banyak yang bisa dikembangkan dalam seni Bushcraft.

Banyak cara pembuatan peralatan tradisional Nusantara yang bisa di adopsi Bushcraft.
Membuat alas makan dari anyaman rotan, cangkir atau gelas dari bambu, mangkuk dari batok kelapa yang masih bisa dijumpai di beberapa daerah sampai sekarang namun sudah sangat jarang.



Masih sangat banyak budaya etnik kita yang bisa di gali dan di adopsi Bushcraft dalam berbagai bidang keahlian.
Salah satu keahlian yang bisa diadopsi Bushcraft dari budaya etnik kita adalah cara pengolahan makanan.
Bukan hanya di panggang, bagaimana teknik pengawetan daging agar awet dan tahan lama dengan cara di asap. Bagi masyarakar pesisir teknik pengawetan ikan dengan cara di jemur dan diasinkan.

Memasak Lemang



Perlu keahlian bagaimana kita bisa membakar makanan dan matang sempurna dengan menggunakan batu seperti yang dilakukan saudara saudara kita di Papua.
Ada yang pernah makan pepes ikan atau ayam ? Ini pun salah satu keahlian yang bisa di adopsi Bushcraft. Begitupun dengan keahlian memasak nasi dengan menggunakan peralatan yang tersedia di alam seperti buah kelapa dan bambu.
Mungkin kita pernah menikmati nasi yang di masak dengan buah kelapa muda di rumah rumah makan yang rasanya begitu khas dan lezat.
Menyantap Nasi Lemang atau nasi Bambu yang biasanya ada saat bulan ramadhan tiba.


            Tonton Video berikut : Memasak Nasi Lemang


Mari kita kembangkan hobi kita sekaligus melestarikan Seni Budaya Etnik Nusantara, Melestarikan Alam.
Karena inti dari Bushcraft adalah kembali ke Alam.

No comments:

Post a Comment

Support by :

Popular Posts